Jenis dan Kriteria Pompa ASI yang Ideal untuk Digunakan

Pompa ASI merupakan peralatan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui yang juga akan membantu bayi dalam mengonsumsi ASI. Alat pompa ASI ini akan mempermudah Anda selama bepergian dan juga bermanfaat sekali bagi Anda yang mengalami masalah payudara.  Sebelum membelinya Anda perlu mengetahui jenis dan kriteria pompa ASI yang ideal untuk digunakan.


Apa Sajakah Jenis Pompa ASI?

1.      Pompa ASI Manual

Penggunaan pompa ASI yang manual digerakkan dengan menggunakan tangan. Ukuran pompas ASI manual lebih kecil, mudah dibersihkan, dan memiliki harga yang lebih murah. Anda hanya perlu menggunakan tenaga lebih banyak untuk menggunakannya dan memerlukan waktu lebih lama. Anda dapat menggunakannya kapan saja dan di mana saja.

2.      Pompa ASI Elektrik

Jenis pompa ASI elektrik penggunaannya di bantu dengan oleh listrik atau baterai. Anda tidak perlu waktu lama untuk menggunakan pompa ini. Hanya saja pompa jenis listrik tidak fleksibel karena lebih berat dan berisik. Harga pompa ASI elektrik juga akan lebih mahal dari pompa manual.

Kedua jenis pompa ini tersedia di toko perlengkapan ibu dan bayi yang bisa Anda dapatkan dengan harga promo lebaran 2018 yang memberikan diskon hingga 35%. Tersedia berbagai jenis produk dengan kelebihannya masing-masing. Diskon yang ada pada produk berlaku sesuai ketentuan.

Apa Saja Kriteria Pompa ASI yang Ideal?

1.      Ukuran Corong Pompa

Saat membeli pompa ASI perhatikan ukuran corong yang Anda beli, pilih yang sesuai dengan ukuran payudara. Posisi ukuran yang sesuai akan menempatkan puting Anda berada tepat di bagian tengah-tengah corong. Ukuran yang sesuai akan menghindari gesekan yang terjadi sehingga tidak melukai payudara Anda.

2.      Desain Pompa yang Nyaman

Desain pompa yang nyaman dan ideal akan membuat ASI Anda dapat mengalir langsung dari payudara ke botol melewati corong dan selang yang tidak bocor. Pada pompa ASI terdapat katup diafragma yang menyerupai pola hisapan bayi sehingga tidak membuat Anda merasa nyeri.

Dilengkapi dengan pelindung pada bagian payudara yang dapat menstimulasi ASI Anda keluar lebih banyak tanpa memerlukan tekanan yang kuat. Memiliki bantalan pijat yang lembut sehingga terasa hangat saat digunakan. Pada bagian gagang pompa tidak licin sehingga nyaman digenggam serta dilengkapi dengan tutup pompa sehingga pompa tetap higienis.

Pompa ASI yang ideal akan memiliki komponen yang mudah dipasang dan dilepaskan sehingga mudah untuk dibersihkan. Pompa juga dilengkapi dengan perlengkapan lainnya seperti botol untuk ASI, tempat menyimpanan ASI, dan juga tas yang berisi seluruh peralatan pompa.

3.      Tidak Mengandung Zat Berbahaya

Pilihlah pompa yang bebas dari BPA dan bahan berbahaya yang dapat merusak kandungan ASI Anda. Anda bisa melihat di kemasan produk atau di petunjuk pemakaian. Bahan pompa ASI yang aman yaitu polypropyelene begitu juga untuk bahan botol ASI. Pada dot menggunakan bahan silikon.

Pompa ASI hanya berfungsi untuk memudahkan Anda bukan menjadi alat utama untuk bayi bisa mengonsumsi ASI. Anda tetap lebih baik untuk menyusui bayi secara langsung. Adanya hisapan bayi secara langsung pada puting payudara akan membantu membantu ibu dari pembengkakan dan membangun ikatan emosional yang lebih kuat.