Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Jakarta

Lantai kayu Jakarta kini telah menjadi salah satu pilihan penutup lantai yang banyak digunakan, di samping lantai keramik serta marmer. Pemakaian lantai kayu ini tidak terlepas dari faktor estetika atau keindahan yang didapat. Selain tu, penggunaan parket juga berpengaruh pada kesehatan karena akan mengurangi pengaruh dari VOC atau Volatile Organic Compounds dalam ruangan. Namun, penggunaan parket tetap tidak bisa dilepaskan dari sisi plus minusnya. Banyak kelebihan dan juga kekurangan dari pemakaian parket yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk memasangnya di rumah sebagai penutup lantai. Parket terbagi dalam dua jenis, yaitu parket kayu solid serta parket kayu laminated atau sintetis.

 

Lantai kayu Jakarta yang terbuat dari kayu solid memiliki kelebihan yaitu penampilan yang lebih terlihat bagus atau menarik. Ini karena parket kayu solid diambil langsung dari pohon. Selain itu, dari segi keawetan juga lebih baik dibanding jenis parket yang lain. Namun untuk kelemahannya, lantai ini rawan lembab karena dapat memuai serta menyusut. Selain itu, harga lantai kayu Jakarta dari jenis kayu solid juga lebih mahal dibanding jenis lantai kayu yang lain. Hal ini terutama karena materialnya adalah kayu solid sehingga jumlahnya relatif lebih sedikit. Otomatis, harganya juga akan lebih mahal.

 

Berikutnya ada jenis lantai kayu laminated atau sintetis. Kelebihannya adalah tampilan yang bagus karena bagian atasnya masih menggunakan veneer atau lapisan kayu. Harga lantai kayu Jakarta jenis ini juga lebih terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan jenis kayu solid yang lebih mahal. Kekurangannya terutama adalah dari segi daya tahan. Karena bahannya sintetis atau laminated, maka keawetannya tentu tidak sebagus lantai kayu yang terbuat dari kayu solid. Parket kayu laminated ini juga rawan lembab. Kekuatannya juga masih di bawah kualitas lantai kayu solid. Akan sangat wajar apabila parket kayu laminated atau sintetis ini rawan akan serangan rayap. Demikian adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari parket kayu untuk penutup lantai. Semoga uraian di atas dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.