Pondok Pesantren Malang Ikut Berkontribusi Untuk Perkembangan Sumber Daya Manusia

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pondok pesantren Malang turut mencerdaskan sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Pondok pesantren merupakan tempat dibinanya para santriwan dan santriwati yang ingin belajar ilmu agama dan hidupsehari-hari berdasarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam agama islam. Di pondok pesantren akan memberikan ilmu tentang agama islam secara luas dan mendetail. Hal ini dikarenakan di pondok pesantren tersebut para santriwan dan santriwati bisa fokus belajar tanpa harus disibukkan dengan kegiatan lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, pondok pesantren bukan hanya di tempati oleh para santriwan dan santriwati yang belajar tentang ilmu agama islam saja. Karena pondok pesantren berorientasi pada pembinaan dan pencetakan generasi penerus bangsa yang profesional dan berakhlakul karimah, maka beberapa pondok pesantren juga mengadakan kegiatan pembelajaran tentang ilmu pengetahuan umum sesuai dengan tingkatan yang diikuti oleh para santriwan dan santriwati tersebut.


Selain pondok yang menyediakan sekolah formal dan pondok khusus untuk santriwan dan santriwati yang fokus pada pelajaran agama, ada pula pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat tinggal para mahasiswa dan mahasiswi yang sedang kuliah di kota malang. Pondok pesantren ini lebih dikenal dengan sebutan pondok pesantren mahasiswa. Pondok pesantren mahasiswa ini bertujuan utnuk membentuk sorang kader bangsa yang berkarakter islami. Jadi, selain mereka sibuk dengan tugas perkuliahannya, para santriwan dan santriwati tersebut juga sibuk dengan urusan agamanya yang didapatkan melalui pondok pesantren mahasiswa tersebut. Tujuan didirikannnya pondok pesantren mahasiswa ini untuk menghindari berbagai pengaruh buruk yang seringkali terjadi ketika berada di bangku perkuliahan.

Beberapa peajaran yang bisa didapatkan di pondok pesantren mahasiswa ini hampir sama dengan materi yang diajarkan di pondok pesantren pada umumnya. Hanya saja, jadwal kegiatan pembelajaran dan kegiatan lainnya menyesuaikan jadwal perkuliahan yang sedang mereka jalani. Meskipun terlihat sangat berat untuk menjalankan kegiatan perkuliahan dan pondok pesantren, anmun jika dilakukan dengan sabar dan ikhlas akan membawa manfaat yang sangat luar biasa untuk ke depannya.